Buka Rekening Baru

Buka Rekening Baru

Posted on 01. Nov, 2011 by ziaulhaq in BizTalk

Atas dasar niatan untuk memudahkan pembayaran oleh customer, pekan kemarin saya menambah dua rekening bank baru: Bank BNI dan CIMB Niaga. Tadinya pengen buka HSBC juga karena dulu pernah dapat saran dari salah satu customer luar negeri (kalo gak salah dari UK) bahwa kalau kami punya rekening HSBC akan memudahkan dia untuk membayar ke kami. Tapi karena setoran awal HSBC yang tinggi (setoran awal 5 juta) dan karena sikap CS nya yang seperti memburu customer akhirnya saya ilfil. Kapan-kapan aja lah HSBC nya.

Sekalian sama cetak rekening koran di dua bank: BCA dan Mandiri. Jadinya dalam sehari saya main2 ke empat bank sekaligus, sambil ngajak Syifa (ponakan ke-4 saya yang berumur 3 tahun) yang nyaris ga bisa berhenti nyanyi2 di dalam bank.

Ini sedikit cerita-cerita yang saya dapat di bank.

Deposito Berjangka / Tabungan Masa Depan

Sekarang lagi marak penawaran jenis tabungan masa depan. Di dua bank tempat saya buka rekening baru (BNI dan CIMB Niaga) CS nya selalu menawarkan tabungan ini setelah semua urusan pokok selesai. Nominal setoran mulai dari 100 ribu per bulan hingga lima juta per bulan, dengan jangka waktu simpanan mulai dari setahun hingga 18 tahun.

Tabungan Masa Depan ini ada yang dilabeli sebagai Tabungan Pendidikan Anak Sekolah. Tapi kurang lebih sama tujuannya.

Tabungan Sebagai Asuransi

Sekarang banyak tabungan yang dilengkapi dengan asuransi. Kebanyakan adalah asuransi jiwa yang bersifat sekali (karena umumnya orang cuma mati sekali di dunia). Ada juga tabungan deposito berjangka yang selain dilengkapi asuransi jiwa juga dilengkapi opsi asuransi kesehatan, dengan melakukan auto-debet dari setoran tiap bulan sebesar beberapa persen sebagai premi.

Minimal sekarang, jika kita buka tabungan maka ada pihak yang tidak menghendaki kematian kita segera (karena harus bayar klaim +_+ ).

Promo Kartu Kredit

Di CIMB Niaga sedang ada promo kartu kredit. Tanpa survey lokasi dan (katanya) gak ribet, dengan bebas iuran tahunan (untuk jenis kartu MasterCard). Syaratnya harus melakukan pengajuan bersamaan dengan pembukaan rekening baru. Kalau dilakukan pada waktu selain itu, prosedurnya (katanya) lebih panjang dan mungkin ada survey lokasi.

Karena belum punya kartu kredit satupun, peluangnya saya ambil. CIMB Niaga MasterCard Classic. Katanya bakal selesai dan diissue bulan depan. Semoga baik-baik saja.

Member Get Member

Di CIMB Niaga, ada award Member Get Member. Setiap nasabah yang berhasil mereferkan temannya untuk membuka rekening di CIMB Niaga akan dapat award khusus.

m-Pin, Gantinya Token Untuk Internet Banking

Di CIMB Niaga (lagi), internet bankingnya tidak menggunakan token seperti keyBCA atau Token Mandiri, tapi pake m-Pin. Setiap kali akan melakukan transaksi keuangan menggunakan internet banking CIMB Niaga, m-Pin akan dikirim melalui handphone.

Tabungan Junior

Saya pikir ini good news. Kalau kita baca bukunya Cameron Johnson “You Call The Shots” atau biografinya Warren Buffet, kita akan tahu bahwa konsep-konsep finansial dan investasi itu di negara maju sudah ditanamkan sejak dini. Kenyataan di Indonesia, banyak sekali anak yang tidak dibekali wawasan finansial, meskipun orang tua mereka kaya. Rekening tabungan saja tidak punya.

Dulu waktu kecil saya juga tidak dibekali seperti itu. Boro2. Tapi entah kenapa sejak kecil saya selalu tertarik datang ke bank dan nyetor tabungan. Jadilah sekitar kelas empat SD saya punya buku Simpanan BRI saya yang pertama, lengkap dengan dompet biru tempat naruh passbooknya. Sejak punya passbook BRI, saya lebih termotivasi untuk mengumpulkan uang jajan, datang ke bank sendirian, dan nyetor ke mbak-mbak Teller di sana.

Kalau sekarang? Lain ceritanya -_-

Saat ini tabungan untuk anak sudah semakin dipermudah dan dibuat menarik. Setoran awal di hampir semua bank hanya 100 ribu rupiah. Saldo minimum hanya 100 ribu rupiah. Bebas biaya administrasi. Setoran selanjutnya minimal 10 ribu rupiah. Passbook dengan cover menarik. Kartu debit bergambar spongebob atau karakter lainnya dilengkapi nama pemilik di bagian depan dan foto di bagian belakang.

Syarat registrasi harus didampingi orang tua, foto kopi KTP orang tua,  dan kopi akte kelahiran. Tadinya saya mau ngedaftarin ponakan pertama saya supaya dia punya tabungan dan termotivasi buat nabung, nyari uang, dan hidup hemat. Mumpung letak banknya dekat, tinggal nyebrang jalan depan rumah. Tapi ternyata terkendala administrasi.

Kurang asik yak apa cobak? So, buruan daftarin anak anda sekarang juga di bank terdekat dan beri motivasi untuk jadi kaya sejak dini.

Sekian warta berita malam ini. Terima kasih atas waktunya.

Tags: , , , , , , ,

5 Responses to “Buka Rekening Baru”

  1. eni nurhaeni

    07. Dec, 2012

    mau bikin rekenig tapi ga bisa

    Reply to this comment
  2. andyra

    20. Aug, 2013

    mau tanya setoran awal klu mau bk rek cimb.niaga brpa ya?

    Reply to this comment
    • ziaulhaq

      27. Sep, 2013

      agak lupa. seingat saya dulu cuma setor 750rb.
      kalo mau yang murah bni aja, cukup 250rb (non jakarta)

      Reply to this comment

Leave a Reply

generic viagra canada realfansdlt.com